Kamis, 23 Februari 2012

Pasaman Kampungnya Orang Mandaheiling

pasaman


    Pasaman ,diambil dai kata pasar aman yah begitulah kenyataannya tempat yang memeng kurasa aman,kampung tercinta yang menyisakan banyak kenangan ,semasa sma pasaman dulu pada tahun 90han masih bagus cuman salahnya belum di aspal atau di beton.tapi dulu enak lihat orang yang sama-sama berjalan di jalan dengan santai dan sekarang setelah ada aspal yang mulus hampir puluhan orang tiap bulannya,dijemput oleh isroil untuk dibawaknya ke alamberikutnya.

  pasaman mempunyai kampung yang bernama silapink yang mana silaping ini terletak setelah ujung gading dan perbatasan sumatera barat dan sumatera utara atau dekat dengan nama daerahya natal.heeheheh kampng saya atuh,di silaping itu berbahasa mandaheling ,dan masakan khsnya adalah gulai pisang,budaya kami memiliki keenian yang bernama tortor.




  saya bisa berbangga sedikit karena di sumatera ini yang mempunyai pelabuhan dan lapangan penerbangan buka hnya di padang karena di pasaman juga skarang sudah ada,dan itu berarti pasaman asebenter lagi akan menjadi kota wisata,smoga saja ini tercapai dan berjalan dengan lancar ,dan tetep berhasil amin.......

      tentang makanana khas silaping tadi,atau yang disebut dengan gualai pisang adalah makanan khas yng di bagikan ketika ada upacara adat,atau pernikahan,pangganti dari gulai pisang ini ketika tidak ada atu habis adalah gulai kambing atau pulut,atau yang disebut biasanya ketan. berikut ini adalah gambar dari gulai pisang.




eh ya sekedar informasi jikalau di pasaman kekayaan mineralnya belum disentuh oleh orang ,pasaman itu adalah kabupaten yang kaya mineral dan kononnya dahulu pernah terjadi hujan biji emas,dan orang yang memunguti emas itu masih hidup sampai sekarang dan saksinya masih banyak yang hidup.
    untuk kepastianya silahkan kunjungi pasaman.dan datanglah kekampung saya silaping.jika anda masih penasaran tunggu apalagi???.









5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. horas koum

    nda pe unjung hudai gule pisang i koum. Sondia de rasona?

    adong dope ditampilkon acara gordang sambilan dohot manortor di sandun?Songon na malungun iba baya mangaligi kebudayaannta

    BalasHapus
  3. di huta bahat dope nri koum
    pala marolek dohot acara adat masi marlanjut dope gule pisangi rasona mantap mantong
    pala tortor biasana ditonga2 acara de mulaina...
    olo koum halak jia do ho?

    BalasHapus
  4. anggo ayahku alak Talu

    umakku alak Ujung Gading

    tai magodang di Bukittinggi do iba

    sannari dompak kuliah i USU

    add jolo fb ku koum Razakiko Harkani Lubis

    BalasHapus