Kamis, 03 September 2020

" Kazemaru" (風を丸める)









"Hallo" apa kabar semuanya bro and sista, kali ini saya akan membahas tentang aplikasi yang dulu pernah saya gunakan untuk membuat atau mendisain ventilasi tambang bawah tanah menggunakan aplikasi kazemaru
“KAZEMARU” ini adalah salah satu software untuk Ventilasi Tambang Bawah Tanah, Software ini dikembangkan oleh Assoc.Prof. M.Inoue dari Kyushu University Jepang. Saya mendapatkan sofware ini ketika mengerjakan perawatan tambang bawah tanah milik salah satu perusahaan BUMN yang terletak di sawahlunto, sumatera barat “Analisys Ventilasi Untuk Menyelesaikan Studi S1)




Sekedar ingin berbagi secuit cerita dengan perusahaan Milik negeri ini, merupakan salah satu perusahaan yang pernah saya jadikan tempat penelitian. penelitian saya mulai dari desember 2014 dan berakhir pada Januari 2015. saya sangat terkesan dengan underground mining peninggalan jepang ini. terbilang sangat tertata, mengingat tidak mudah untuk mendapatkan pengalaman pada Underground Mining, apalagi untuk batubara yang pasti tingkat oktan yang sangat tinggi menjadi salah satu konsen utama untuk melakukan penelitian.awalnya saya hanya mau fokus untuk meneliti kebocoran yang terjadi pada underground mining, tetapi karna setiap komponen saling berkaitan dan penting untuk saya ketahui, saya akirnya tertarik untuk mempelajari semuanya. dimalai dari lubanga adit, penyangga, pintu angin, hingga face batubara yang mengkilap karena sudah memiliki kalori yang sangat tinggi. udah dulu nanti ceritanya akan saya bahas di halaman kusus.. (Read More)

Balik ke tema kazemaru merupakan aplikasi yang sangat di rekomendasikan untuk ventilasi tambang  bawah tanah karena dengan aplikasi ini kita dapat mengetahui bermacam komponen yang harus diperhatikan seperti:

1. Debit Angin
2. Temperatur
3. Kualitas Angin
4. Jumlah Oktan
5. Menentukan Kebocoran Udara
6. Menentukan Jalur Evakuasi
7. Perubahan Ventilasi Saat terjadi Kebakaran


Keunggulan dari kazemaru adalah kita bisa melihat dengan visual 3D tanpa harus memiliki spack unit yang wah, saya dulu memproses kazemaru memakai PC yang memakai windows centrino. contoh dapat di lihat pada gambar di samping.
Gambar berikut merupakan hasil data yang valid saya temukan dilapangan, dan dapat menggambarkan keadaan udara yang ada pada Underground, mulai dari Adit hinga fan utama di luar area penambangan.








Sekian dulu yang dapat saya bagikan untuk aplikasi kazemaru ini, pada dasarnya semua aplikasi sama tinggal kemauan user untuk menjalankannya. oh ya.. untuk panduan dan aplikasinya bisa kalian dapatkan pada link dibawah. jika perlu nanti akan saya buatkan video tutorialnya. 




Terimakasih telah berkunjung ke laman saya. 
nanti videonya saya lihat dari banyaknya permintaan ya... 
Kirimkan email ke abdullahnst@gmail.com salam ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar